BIMBINGAN TEKNIS PENGEMBANGAN DESA INKLUSIF DAN SISTEM AKUNTABILITAS SOSIAL

  • Jun 06, 2024
  • Admin Hutabulu Mejan
  • DESA INKLUSIF

SENIN-SELASA, 3-4 JUNI 2024. Desa Hutabulu Mejan Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara terpilih menjadi Lokus Desa Inklusif. Desa inklusif adalah kondisi kehidupan Desa yang setiap warganya bersedia secara sukarela untuk membuka ruang kehidupan dan penghidupan bagi semua warga Desa yang diatur dan diurus secara terbuka, ramah dan meniadakan hambatan untuk bisa berpartisipasi secara setara, saling menghargai serta merangkul setiap perbedaan.

Pada Acara Pembukaan, Kepala Desa Hutabulu Mejan (Haposan Simanjuntak) memberikan sambutan kepada para peserta dan para Pelatih Desa Inklusif serta sangat mengapresiasi atas terlaksananya Bimbingan Teknis Pengembangan Desa Inklusif Dan Sistem Akuntabilitas Sosial Desa Hutabulu Mejan.

Para Pelatih Desa Inklusif sangat bersemangat dalam memberikan materi yang dibawakan selama berlangsungnya kegiatan ini dan tak kalah juga dengan para peserta yang sangat antusias mengikuti Bimbingan Teknis ini yang ditandai dengan tanya jawab oleh Peserta Bimtek dengan Pelatih pada saat sesi Tanya Jawab.

Ada 4 (Empat) Bidang penilaian Score Card yang dilaksanakan di Desa Hutabulu Mejan, yakni pada Sanitasi dan Air Bersih, Posyandu, TK-Paud serta Pelayanan Dasar Adminduk. Setelah mengetahui poin ataupun persentase dari capaian Score Card ini maka bisa diambil kesimpulan untuk perbaikan-perbaikan pada setiap poin.

Pada sesi terakhir telah dilakukan Pemilihan Kader Desa Inklusif dan kemudian ditutup oleh Kepala Desa Hutabulu Mejan.