ORIENTASI RUANG KOMUNITAS DIGITAL DESA (RKDD) HUTABULU MEJAN

  • May 13, 2024
  • Admin Hutabulu Mejan
  • DESA CERDAS

Rabu, 24 April 2024. Kegiatan Sosialisasi dan Orientasi RKDD Hutabulu Mejan diadakan untuk mengenalkan program Ruang Komunitas Digital Desa ke warga Hutabulu Mejan. Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) merupakan wadah warga desa (komunitas desa) untuk berdiskusi, berinovasi membangun desa melalui pendekatan pembangunan dan pemberdayaan dengan memanfaatkan teknologi khususnya dalam merespon Era Industri 4,0.

RKDD Hutabulu Mejan Hadir di desa melalui Program Desa Cerdas (Smarth Village) dari Kementrian Desa, Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi. Kegitan Orientasi RKDD berlangsung dengan mengundang Tokoh masyarakat,BPD, Kader Desa, Kelompok Tani, BUMDES dan UMKM di fasilitasi oleh Duta Digital dan Kader Digital.

Program Desa Cerdas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dasar dan pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan melalui peningkatan kapasitas masyarakat dalam pemanfaatan teknologi secara efektif. Pengembangan Desa Cerdas didasarkan pada berbagai bentuk inisiatif lokal/kreativitas lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan desa.